Senin, 07 Desember 2009

PULANG KE KOTAMU YOGYAKARTA


Terhitung 27 Agustus 2009 Mayor Kes Dr.M.Roikhan Harowi.,SpTHT-KL.M.Kes mendapatkan Skep untuk mutasi ke Yogyakarta sebagai Kepala Kesehatan (Kakes) di Kesehatan Akademi Angkatan Udara. Sebagai seorang prajurit tentara saya harus selalu siap dipindah tugaskan baik suka maupun tidak suka kata dokter THT ini. Pimpinan pasti mempunyai pertimbangan lain kenapa saya harus dipindah tugaskan, tegas Dr. Harowi. Tugas sebagai Kakes di AAU juga merupakan tantangan tugas yang harus saya hadapi dan jalani. Dinas Kesehatan sebagai bagian dari AAU yang merupakan lembaga pendidikan yang mencetak para calon pemimpin TNI AU mempunyai tugas berat dalam menyiapkan dan memelihara kesehatan serta mental para siswa karbol agar dapat menjalani program pendidikan dengan kesehatan dan mental yang prima.

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Setiap sudut menatapmu bersahabat
Penuh selaksa makna…….dst

demikian nyayian Katon Bagaskara dalam syair lagunya Yogyakarta.

Setahun bertugas di Rumah Sakit TK IV El Tari merupakan waktu yang singkat. Meskipun demikian banyak pelajaran yang dapat dipetik selama dinas di Kupang Kota Kasih. Tugas sebagai Kepala Rumah sakit menuntut seorang pemimpin mampu menggerakan dan memotivasi anak buah agar mampu menjalankan tugas sebagai prajurit tentara sekaligus sebagai tenaga medis. Prinsip managemen harus benar-benar diterapkan agar semua tugas dapat terselesaikan, demikian ungkap Mayor Kes Dr.M.Roikhan Harowi.,SpTHT-KL.M.Kes selaku mantan Kepala Sakit Tk IV El Tari Kupang.

Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah menjalin kerjasama dengan instansi maupun intitusi di luar TNI. Institusi maupun Instansi diluar TNI akan sangat senang sekali jika kita mau bekerjasama,karena banyak hal yang dapat kita petik dan bermanfaat dari kerjasama tersebut. Kerjasama tersebut akan saling mengisi. Pengalaman bentuk kerjasama dijalin adalah saat akan diadakan Bakti sosial (Baksos) dalam rangka Hari Bakti TNI AU Tahun 2009. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Hanya dalam waktu seminggu begitu selesai pendidikan Sekkau 85, sebagai Kepala Rumah Sakit, saya harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelaksanaan Baksos. Obat dan peralatan pendukung lain sebagai modal mengadakan baksos belum dimiliki, padahal tinggal satu minggu pelaksanaan atau hari H nya. Pusing tujuh keliling, demikian kata orang. Tetapi dengan kerjasama yang baik dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Propinsi NTT, Kabupaten maupun Kotamadya Kupang semuanya dapat teratasi. Obat maupun kebutuhan material kesehatan (matkes) serta alkes (alat kesehatan) dapat kita siapkan, demikian ungkap Dr.M.Roikhan Harowi.,SpTHT-KL.M.Kes. Dr Harowi berharap Rumah Sakit Tk IV El Tari Kupang akan bertambah maju di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar