Jumat, 04 September 2009

CERAMAH H1N1 DAN HIV AIDS DI LANUD EL TARI


Rumah Sakit Tk IV EL Tari Kupang kembali melakukan kegiatan dalam bidang pelayanan kesehatan berupa Ceramah kesehatan serta sosialisasi tentang Influenza baru H1N1 (Flu babi) dan HIV AIDS. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Lanud El Tari pada tanggal 31 juli 2009, yang diikuti oleh Komandan lanud, para kadis dan seluruh anggota lanud beserta keluarganya, Pengurus beserta seluruh anggota PIA Ardya Garini Cabang 7/D II , anggota Paskhas BS Kupang. Kepala Rumah sakit Tk IV lanud EL Tari Mayor Kes Dr. M. Roikhan Harowi .,SpTHT-KL.M.Kes tampil sebagai pembicara sekaligus koordinator kegiatan dan menyampaikan tentang Influenza Baru H1N1. Topik HIV AIDS disampaikan oleh Tim dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang. Disamping itu dalam kegiatan ini juga tampil Maxi dan Santi dari JOTHI (Jaringan Orang Terinfeksi HIV Indonesia). Maxi dan Santi adalah penderita HIV dan juga koordinator JOTHI wilayah Kotamadya Kupang.
Dalam paparannya Karumkit Lanud El Tari menyampaikan tentang apa itu Virus A N1H1, sejarah virus flu secara global, penyebaran virus A N1H1 serta cara pencegahan dan penatalaksanaan orang yang terinfeksi virus A N1H1.
Hapsari dari KPA kota Kupang dalam paparannya tentang HIV dan AIDS menyampaikan tentang virus HIV dan AIDS penyebaran virus ini baik secara universal serta garis besar penyebarannya di Indonesia. Pada kesempatan yang sama disampaikan bahwa orang dapat terinfeksi HIV/AIDS tidak hanya melalui hubungan sexual tetapi dapat tertular dengan menggunakan media lain contohnya jarum suntik. Maxi dari JOTHI menyampaikan masyarakat tidak perlu takut ataupun menghindari dari orang yang terjangkit virus HIV/AIDS karena mereka juga dapat hidup normal seperti masyarakat pada umumnya selama tidak melakukan tindakan atau perilaku menyimpang. Maxi dan Santi sendiri terinfeksi HIV dari jarum suntik oleh karena penggunaan narkoba,demikian pengakuan Maxi dan Santi kepada seluruh peserta ceramah.
Dalam sambutannya Danlanud El Tari Letkol Pnb Joko Sugeng S. sangat senang sekali dengan kegiatan ini karena dapat memberikan pengetahuan bagi warga lanud El Tari tentang Influenza Baru H1N1 (flu Babi) serta virus HIV dan AIDS serta dapat melakukan tindakan pencegahannya. Menurut Karumkit pemilihan topik ceramah dipilih oleh karena saat ini terus berkembang infeksi Influenza Baru H1N1 (flu babi) yang menelan korban dan telah berkembang di Indonesia. Sedangkan topik HIV AIDS dipilih mengingat data dari KPA kotamadya Kupang angka penderita HIV AIDS sudah mencapai 155 orang dari berbagai kalangan profesi termasuk TNI/POLRI. Angka kejadian tersebut merupakan fenomena gunung es dimana masih banyak penderita yang belum tercatat. Sehingga diharapkan seluruh warga lanud El Tari akan terbuka lebar pengetahuan tentang HIV AIDS,demikian penegasan Karumkit Mayor Kes Dr.M. Roikhan Harowi.,SpTHT-KL.M.Kes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar